Protect Polytron Minimax (MX)

Polytron seri MX (Minimax) ini biasanya menggunakan IC Chroma STV2247 atau STV2286. Kerusakan yang sering ditemui adalah sbb:
** Tidak bisa start atau, bisa standby tetapi saat di start via tombol channel bisa on (led mati), tetapi Horizontal tidak bekerja. Kemudian kembali ke standby led menyala merah !!!
Penyelesaian kasus yang sering menyebabkan otak rekan2 mendidih ini adalah sbb:
* Kasus tv ini biasanya sering disebabkan oleh Vcc 50v yang tidak beres hanya karena nilai elco filternya yang terlalu kecil yaitu 10uF 60v, karena Vcc 50v tersebut adalah suplay utama Tr Driver Hor. Kalau rekan2 mengalami coba elco tersebut diganti dulu, tetapi dengan nilai yang lebih tinggi, misal 22uF 100v.
** Pada permasalahan kedua: kalau elco sudah diganti dan Vcc minimal sudah mencapai 45v, coba distart apakah rangkaian Hor bekerja atau tidak ? Kalau diam coba ukur pada titik Colector Tr Driver Hor, kalau tegangannya rendah dibawah 15v atau Nol Volt berarti Ocsilator Hor dari IC Chroma tidak keluar. Dan jangan dulu punya pikiran untuk mengganti IC-nya, karena kebanyakan tidak rusak !!! Inilah yang bisa disebut protect !
Lepas dulu D304 (4148) di pin 46 (BCL), jalur ini melewati sebuah R menuju titik ABL Flyback, lalu coba start kembali tv pasti bisa nyala dan Hor bekerja tetapi biasanya gelap, kemudian ukur titik ABL FBT tadi, kalau Nol Volt pasti R ABL putus, sehingga menyebabkan protect !!!
Untuk lebih jelas klik foto diatas, yang saya lingkari merah adalah R ABL yang mengambil dari B+ 115v dan menyebabkan protect tadi…Nilainya 82k….
Okay selamat bekerja buat semuanya !!!!!

Pos ini dipublikasikan di Elektronik. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s