Cara Service TV Polytron Minimax MX6203M Stanby Terus

Kali ini akan mencoba sharing tentang cara memperbaiki TV Polytron Minimax MX6203M yang Stanby Terus, sempet pusing dengan kasus Polytron ini. Ok lanjut …..

Cara Service TV Polytron Minimax MX6203M Stanby Terus :

Indikasi Awal :
Ketika TV Polytron MX6203M ini dihidupkan lewat tombol power, led menyala merah tandanya tv stanby. Kebetulan Remote Tv ini sudah rusak. Terus kang Eko tekan tombol program untuk menyalakan TV, Polytron MX6203M ini kelihatan mau nyala dengan led warna merah jadi mati. Tapi setelah ditunggu beberapa saat, led kembali jadi merah lagi atau stanby.

Penyebab :
IC Vertikal TDA8174 rusak / konslet, sehingga menyebabkan IC Chroma / program STV2286 menjadi protek.


Berikut cerita service yg telah Kang Eko lakukan terhadap TV Polytron Minimax MX6203M Stanby Terus :

Awalnya cek elco di jalur B+ yg tegangannya kalo nggak salah 50v, dan ternyata kondisi elco masih bagus. Elco coba sy ganti, tapi ternyata TV Polytron Minimax MX6203M ini tetep stanby. Kemudian Kang Eko coba browsing dan berikut ini hasil browsing :

” Kasus tv ini biasanya sering disebabkan oleh Vcc 50v yang tidak beres hanya karena nilai elco filternya yang terlalu kecil yaitu 10uF 60v, karena Vcc 50v tersebut adalah suplay utama Tr Driver Hor. Kalau rekan2 mengalami coba elco tersebut diganti dulu, tetapi dengan nilai yang lebih tinggi, misal 22uF 100v.

Pada permasalahan kedua: kalau elco sudah diganti dan Vcc minimal sudah mencapai 45v, coba distart apakah rangkaian Hor bekerja atau tidak ? Kalau diam coba ukur pada titik Colector Tr Driver Hor, kalau tegangannya rendah dibawah 15v atau Nol Volt berarti Ocsilator Hor dari IC Chroma tidak keluar. Dan jangan dulu punya pikiran untuk mengganti IC-nya, karena kebanyakan tidak rusak !!! Inilah yang bisa disebut protect !

Lepas dulu D304 (4148) di pin 46 (BCL), jalur ini melewati sebuah R menuju titik ABL Flyback, lalu coba start kembali tv pasti bisa nyala dan Hor bekerja tetapi biasanya gelap, kemudian ukur titik ABL FBT tadi, kalau Nol Volt pasti R ABL putus, sehingga menyebabkan protect !!!

R ABL yang mengambil dari B+ 115v dan menyebabkan protect tadi…Nilainya 82k….”

Kemudian mulai praktekkan:
 
1. Ukur semua tegangan dan semua mengalami penurunan yg 50v jadi 23v. hal ini wajar karena TV dalam kondisi stanby.
2. cek R ABL = hasil normal
3. ganti elco filter untuk vertikal biasanya 1uF/50v = hasil nihil
4. Sempet juga berfikir kalau flybacknya yg rusak, tapi ternyata tidak.
5. kemudian dioda di jalur pin 46 IC Chroma STV2286 Kang EKo lepas, dan ternyata betul, Flyback bekerja dan TV Polytron Minimax MX6203M ini kelihatan nyala tapi gambar tidak tampil. Setelah Kang Eko ulangi untuk menghidupkan TV ini lagi dan perhatikan gambar di layar, ternyata sekilas terlihat garis putih horisontal ditengah layar. Baru ketemu masalahnya ……..! Ini menunjukkan kalau IC vertikal rusak.

Ternyata setelah di ganti IC vertikal TDA8174, TV Polytron Minimax MX6203M ini langsung nyala begitu dihidupkan.

Alhamdulillah ……..

Pesen : Kalo service, urutkan dulu kerusakan termudah menurut perkiraan kita. Padahal yg rusak cuma IC vErtikal, tapi sudah kebablasen ngecek yg lainnya yg lebih rumit….

Selamat MEncoba ….

Pos ini dipublikasikan di Elektronik. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s