service tv

TV Toshiba Bomba Mati Stanby

Kali ini selesai perbaiki tv Toshiba type 21N7XE….milik sendiri di rumah. Gejalanya lampu led nyala merah ditekan tombol CH atau power di remote tak bergeming sedikit pun.

data2 nya : IC program M37274MA-092SP, chroma TB1226BN, FBT TFB4125CH, TR HOT ON4409.

hasil pengecekan tegangan didapati B+ normal 115V. Teg 5 V untuk IC program normal. kecuali tegangan 9 V untuk IC chroma tidak ada/drop tinggal 2 V an. tegangan ini disuplay oleh TR Q430 yang basisnya di kendalikan oleh IC hybrid HI1015 pin 12. di titik ini hanya terukur 2V.

Coba ganti IC ini teryata bisa ok, teg 9V chroma normal.

Saatnya mencoba tv dapat menyala. namun terdengar bunyi keras di sekitar flyback. waduhh tenyata flyback dah bocor. wah wah  TR HOT jadi short minta ganti

wah wah wah lumayan juga totalannya. tapi seneng dah bisa buat nonton bola . Alhamdulillah

SHARP X-PRESSION mati protek

Asskum rekan2, alhamdulillah bisa posting lagi.

kali ini kerusakan pada tv SHARP X-PRESSION 21 inch yang menggunakan IC program IXA319WJN, chroma M61262, vertikal dan FBT lupa catat nomornya.

Problem nya adalah mau nyala lampu warna hijau sebentar trus stanby kembali warna merah. Coba buka solderan pusat proteksi R1042, teryata tv mau nyala, semua tegangan terukur normal. solderan dikembalikan lagi.

penelusuran dilanjutkan dengan membuka solderan di titik proteksi lainnya mulai dai D604, J905, TR Q603, sambil dicoba teryata belum mebuahkan hasil. Titik terang mulai terlihat saat membuka solderan kaki D607 teryata tv dapat nyala normal. urut lagi kaki katoda dioda ini dapat R653 180K yg terukur putus, dan dapat lagi sebuah R ke GND.

Alhamdulillah setelah ganti R653 180K, tv dapat nyala normal. dan tentu saja bayaran lagi….hehehe

Semoga awet, salam buat rekan2, moga sukses juga.

TV SHARP Q-VISION MINTA PASSWORD

Walaupun sudah banyak yang tahu tidak ada salahnya diulas disini, kali ini problem TV Sharp Q-vision 20 inch selalu minta password saat dinyalakan. password berupa 4 digit angka. kondisi ini disebut juga CHILD LOCK agar anak2 tidak bisa mengakses tv.memang password ini bisa diisi dengan memasukkan angka dari remote “2398” atau “0000”, namun masalahnya setiap dimatikan dan dinyalakan minta password lagi.

Untuk mengatasinya masuk service mode dengan cara : posisi mati power utama off. tekan dan tahan tombol vol- dan prog+ sambil dinyalakan tv nya melalui tombol utama.

Pesawat sudah posisi service mode, tekan2 menu smpai muncul tulisan HTL MODE pilih”0(nol)” lalu gunakan tombol panel untuk memilih posisi CHILD LOCK pilih “0”(nol). tekan2 menu agar berpindah ke menu yg lain.

coba matikan tv dan lihat hasilnya pesawat sudah tidak minta password lagi.

selamat berkarya rekan2 semua dan sukses


Tadi malam habis nyelesaikan servis TV Sharp dengan kerusakan nyala sebentar trus protek. Saat masih nyala tampilan gelap hitam, suara juga tidak ada.Bila screen diputar menuju max tampil blanking seperti gambar disamping. setelah itu mati protek. sesaat tampak sinar terang sekejap (klap) berupa beberapa bulatan cukup besar masing2 berwarna merah, hijau, biru.

Awalnya TV dalam keadaan mati total setelah ganti STR, dioda zener D710 dan D716(3.6V&5.6V), TV dapat menyala.

Kata sang pemilik mas Darto, Kanutan, Jogonalan. memang sebelum mati total. tampilnya gambar seperti itu.

Cek visual tampak IC tunggal IX3410, dan komponen lain tidak ada hal mencurigakan. coba jumper service J122-j124 dishortkan ternyata pesawat dapat nyala agak lama. pengukuran teg utama B+115V, 5V,8V, 24V, 180V, tampak normal. tiba saat ukur kaki ABL FBT kok tampil 60 volt normalnya ndak lebih dari 20V, ini dia ketemu titik terang.

Uprek seputar ABL ketemu R604 39k antara ABL ke GND kondisi putus tus tus.
Setelah diganti TV dapat normal kembali.

Alhamdulillah. Semoga bermanfaat

TV SHARP Q-vision hilang warna hijau


Cukup lama tidak isi blog, alhamdulillah diberikan kesempatan lagi.

Kali pengalaman dapat order servis dari mas Edi dompyong, televisi SHARP Qvision 14 inch type sudah tidak kelihatan pada labelnya. Dengan kerusakan tampilan layer merah kecoklatan, tampak warna merah dan biru, lalu kemana perginya temannya yang satu lagi….yaitu warna hijau.



Cek visual nampak ok ok saja, IC chroma TDA8360, FBT F0063 PE-M. Dari pengukuran katoda KR dan KB tampak normal 80-125 VDC, tetapi pada KG kok jauh beda sekitar 140-150V. pada basis TR penguat C2229 terukur untuk pada R dan B 2.5V pada G hanya 1.2V lalu siapa yang menkorupsi(kata kang Aisy) . curiga TR ini short kaki B-E teryata tidak.

 


Penelusuran berlanjut sampai pin RGB out ic chroma. Akhirnya ketahuan juga biang keladinya sebuah dioda zener dalam keadaan short, Zener 8.2V terpasang antara RGB out ic chroma ke ground.

Setelah diganti tampilan normal kembali.

 

 

Alhamdulillah.

Monitor merk VOTRE type 1790P mati berderik

Dapat servisan dari mas larno ngemplakseneng sebuah monitor merk VOTRE type 1790P. tergolong masih gress karena baru 6 bulan lalu dibeli kondisi baru.

kerusakan mati lampu power kedip2. tapi kadang2 bisa tampil tulisan “NO SIGNAL”. Saat kemudian bila dihubungkan dengan CPU tampilan langsung hilang. Terdengar suara cetak-cetek dari relay degaussing.

Dari penglihatan fisik tak ada hal yang mencurigakan, pengukuran tegangan juga menunjukan kondisi normal tetapi jelas terdengar suara derik/denging dari trafo SMPS. Saat beban dilepas pun masih bersuara/berderik.

Perburuan seputar blok power supply ditemukan sebuah R mepet ic driver, lokasi R624 33K kondisi melar menjadi 186K, setelah diganti jadi normal hilang suara derik.

Tampilan normal kembali, tapi mau setting dari tombol depan tidak bisa, rupanya tombol2 telah rusak persis seperti pada tv china yang sering ngaco.

Setelah itu monitor di nyalakan “TEST RUN”. Menjelang 2 jam tiba2 tampilan berubah jadi putih sekali. Ada garis putih sangat terang pada sisi kanan layar. Rupanya VR subbrightness sudah molor nilainya 250k jadi 2.3 M.

 

Alhamdulillah selesai.

Salam buat rekan2 semua.

SHARP Q-VISION 14S20D2 MATI TOTAL

Tiga hari yg lalu saat sedang servis TV di tempat mas Agung, basin, kebonarum. disuruh sekalian cek punya mbah Muji masih tetangganya. setelah dinyalakan tidak tampil apa2, disertai suara m@k BUZZ (bunyi percikan api dari defleksi yoke).
terlihat TV ini memakai IC tunggal SMD IXC245WJI, STR5453A, TR hor TT2140, FBT BSC 25-0216F.
setelah dilepas tampak lilitan defleksi horizontal terbakar pada kedua sisinya. lalu pamit pulang, dibawa defleksinya saja.
dari pengalaman pernah perbaiki defleksi dengan kerusakan tidak terlalu parah. hanya 2 kawat yg putus. tapi kali ini lumayan banyak, masing-masing sebanyak 5 kawat setiap sisinya(total 10 kawat) yang putus. bisa ndak ya……….kalau ganti defleksi pasaran bikin mumeet, harus ngakali sana sini dan hasilnya kurang bagus.
dengan hati-hati bongkar mulai dengan melepas solderan kabel dan kawat lilitan. bisa dilihat pada gambah dibawah banyak coretan sana sini, tidak lain untuk meninggalkan jejak posisi agar bisa dikembalikan seperti aslinya. semua part diberi tanda coretan posisinya, dan untuk kawat email diberi coretan alur dari kumparan sampai ke terminal sambungan dengan kabel.

setelah lepas semua pengait, defleksi vertikal, lalu defleksi horizontal. jangan lupa nanti semua part harus dikembalikan seperti semula.
saatnya memperbaiki lilitan yang terbakar, sebelumnya membersihkan “Lem jahat” disekitar
lokasi terbakar, juga di lokasi lain yang diberi lem, karena lem warna kuning inilah yang jadi biang semua ini….
Angkat satu persatu sambil dibersihkan dan diberi tandakawat yang terbakar baik yang putus maupun yang hilang lapisan emailnya.
penyambungan dilakukan dengan kawat email baru diameter sama. diusahakan posisi sambungan tidak berdekatan satu sama lain. biar aman beri isolasi tahan panas . setelah selesai di cat dengan meni besi atau pakai isolasi kertas( nantinya diberi lem alteco).
Dirakit kembali dengan hati-hati, kalau terbalik bisa fatal.
Saatnya mencoba, pertama defleksi diletakkan begitu saja disamping mesin. tujuannya bila ada kesalahan tidak merusak tabung(leher tabung). seharusnya tampil titik RGB ditengah-tengah layar.
Pasang kembali, dan coba lagi sambil dipaskan posisinya.
Alhamdulillah gambar bisa normal lagi. selamat berkarya….

Pos ini dipublikasikan di service tv. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s