combiner and spliter

combiner and spliter

Buat boster pemancar tentunya pengen dengan watt yang gede biar jangkauanya luas. akan tetapi boster yg kita pakai sudah terlanjur single transistor. jika beli transistor laen yg lebih besar semisal blf177 atau blf278. transistor yang sbelumnya mau dibuat apa coba? pastinya akan sia-sia kalo ditelantarin. ya sebaiknya kita beli transistor yang sama seperti yang sebelumnya, trus kita pasang dobel alias balance.
Boster balance tidak serta merta menggabungin 2 boster bgitu aja, tetapi perlu yang namanya spliter = yaitu untuk memecah sbelum masuk ke boster dan juga combiner = yaitu untuk menyatukan kedua boster tersebut. untuk skemanya sperti gambar diatas.

Combiner atau spliter sbenarnya sama saja, hanya peletakanya dibalik dan resistor yang dipergunakan berbeda antara in dan out mskipun nilainya sama, ini bertujuan untuk menghindari kbakaran pada resistor output. untuk resistor output sebaiknya menggunakan yang mempunyai kapasitas ratusan watt. seperti gambar diatas. semoga artikel ini bisa membantu kawan-kawan untuk bereksperimen.

Pos ini dipublikasikan di Elektronik. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s